Skip to main content

Pertemuan Pertama dengan T.Rex dalam Ruang Imajinasi, Pendidikan, dan Pengalaman Tak Terlupakan

Pada 7 Juni 2018, First Initiative Foundation (FIF) dan mal ifc bekerja sama untuk menggelar Meet the T.Rex, yaitu pameran gratis yang menyajikan pertunjukan sejarah dan sains, serta memberikan pengalaman bagi para pengunjung untuk merasa seperti berada di museum. Pameran yang berlangsung pada 7-27 Juni 2018 ini dapat kamu saksikan di Oval Atrium, mal ifc, Central, Hong Kong, setiap hari dari pukul 10.00 sampai 21.00 waktu setempat.
Meet the T.Rex © Media OutReach
Dalam pameran ini, kamu bisa melihat penampilan The American Dragon (TAD), yaitu fosil Tyrannosaurus Rex berukuran panjang 12 meter yang ditemukan di Dakota Selatan bagian barat laut, Amerika Serikat. Kamu juga bisa melihat penampakan tulang belakang Edmontosaurus dengan bekas gigitan yang diduga berasal dari T.rex, serta tulang paha T.rex berusia 65 juta tahun yang dapat kamu sentuh secara langsung.
The American Dragon © Media OutReach
Pameran ini diklaim sebagai pameran edukatif yang menjadi salah satu cara paling ramah-keluarga pada musim panas di Hong Kong. Di sini, kamu bisa mengapresiasi berbagai pertunjukan dalam jarak dekat dan mempelajari sejarah sains secara visual karena pendidikan dan hiburan dikemas jadi satu.
Di ruang imajinasi ini, kamu juga bisa menemukan pengalaman langsung untuk menyusuri jalur pertualangan yang terdiri atas pos-pos yang menyajikan beragam fakta terkait dinosaurus. Teknologi video dan Augmented Reality (AR) juga dimanfaatkan untuk lebih meningkatkan fasilitas dan mendorong para pengunjung untuk bisa menjelajahi sejarah dinosaurus.
Kamu bisa mengambil paspor petualangan gratis, lalu mengumpulkan cap di tiap pos. Setelah enam cap terkumpul, kamu bisa menukarkannya dengan hadiah kecil di pos terakhir dan juga mendapatkan merchandise pop-up berupa buku ilustrasi anak bilingual berjudul “Smile with Fifi!” yang berisi pesan-pesan bernilai positif, serta ilustrasi yang dibuat oleh ilustrator Hong Kong bernama Jeanie Leung. Selain itu, FIF juga secara khusus membuat mainan ringan Fifi, yaitu T.rex dan kaus dinosaurus. Semua merchandise ini berasal dari pop-up store yang nantinya akan didonasikan pada FIF untuk meningkatkan dukungan bagi usaha penting mereka dalam memajukan Hong Kong.
Semoga, suatu hari, Indonesia juga bisa membuat pameran edukatif tentang manusia purba yang banyak ditemukan di beberapa wilayah negara ini, ya!

Comments

Bacaan Populer

Spiritual Awakening, Apakah Kamu Sedang Mengalaminya?

Bagi sebagian orang, istilah spiritual awakening mungkin terdengar asing. Tapi, bisa jadi mereka semua pernah atau bahkan sedang mengalaminya. Beberapa orang menyebutnya dengan istilah “pencerahan” atau “kebangkitan spiritual”, sebagian lagi menyebutnya “kesadaran spiritual”. Dalam tulisan ini, saya akan menyebutnya sebagai kesadaran spiritual karena bagi saya, setiap orang sudah mengalami perjalanan spiritual sejak lahir. Namun, tidak semua orang menyadarinya.  Sebagian orang mungkin akan merasakan kedamaian tersendiri saat mengalaminya, tapi ada juga sebagian orang yang justru merasakan hal-hal lain di luar kendali, seperti merasa ada yang berbeda dengan dirinya sendiri, kemelut pikiran dan hati, sampai merasakan adanya gangguan mental yang sering kali dianggap sebagai penyakit. Untuk lebih memahaminya, mari kita perjelas dulu batasan kesadaran spiritual ini! Spiritual Awakening © Retha Ferguson via Pexels Apa itu kesadaran spiritual? Ketika seseorang melalui kesadaran s

Apakah Kamu Seorang Empath?

Pernah merasa cemas, sedih, atau marah tanpa sebab yang pasti? Atau bahkan merasakan gejala fisik yang kuat tanpa alasan logis? Mungkin, kamu adalah seorang empath. Sebelum mengenal diri saya sebagai empath, saya selalu merasa ada yang salah dengan diri saya. Terlebih, saya juga pernah disinyalir menderita kepribadian ganda di usia muda. Namun, pada saat itu, saya berpikir bahwa itu hanya sebagian kisah dari pencarian jati diri. Setelah berkelana sampai ke palung diri yang paling dalam dan bertemu sesama empath, saya pun sadar bahwa kami punya gift yang cukup unik dan mungkin tidak dimiliki oleh kebanyakan orang. Sebelum mengenal diksi empath, saya lebih sering menyebut diri saya sebagai “energian”, yaitu orang yang punya sensitivitas tinggi terhadap energi. © Pixabay via Pexels Empath dan HSP Empath adalah orang yang sangat peka terhadap emosi orang-orang di sekitarnya sehingga merasakan emosi tersebut di dalam dirinya. Seorang empath cenderung melihat dunia secara berb

Bukan Cuma Indigo yang Punya Sixth Sense

Beberapa kali saya tidak sengaja meramal kedatangan bencana atau kematian dan sering kali pula saya mengajukan pernyataan yang tepat saat pertama kali bertemu dengan orang-orang baru. Respon mereka rata-rata sama. Sama-sama bertanya, “Kamu indigo?” Padahal, tidak semua orang yang memiliki sixth sense atau indera keenam termasuk ke dalam kategori indigo. Ada juga beberapa jenis karakteristik jiwa yang dianugerahi kelebihan serupa. Nah, kalau kamu juga merasa atau sering disebut indigo, coba kenali karakteristikmu yang sesungguhnya. Apakah memang benar-benar indigo atau bukan.  © Pexels #1: Indigo Istilah anak indigo muncul pada era 1960-an dan 1970-an, periode revolusioner ketika terjadi perubahan dalam kesadaran dunia. Orang-orang indigo adalah orang yang tenang dan cinta damai. Mereka tidak menggunakan kekerasan untuk menaklukkan energi negatif, melainkan cahaya yang kemudian kita sebut aura. Mereka sangat sensitif baik secara emosional maupun lingkungan, serta dilahirk

Dalam Penciptaan Hawa, Tuhan Tak Patriarkis

Baru-baru ini, teman baik saya mengirimkan thread Twitter soal Hawa yang mendorong saya untuk kemudian mengenal perempuan pertama di muka bumi ini secara lebih dekat.  Sebagian dari kita mungkin sudah mendengar kisah bagaimana Adam diciptakan dan diperkenalkan kepada makhluk Tuhan lainnya semasa di surga. Bahkan, beberapa literatur menyebutkan bahwa Adam hidup sampai 930 tahun. Lalu, bagaimana dengan Hawa? Bagaimana ia diciptakan, diturunkan ke bumi, sampai akhirnya melahirkan manusia-manusia lainnya di muka bumi ini? © Luis Quintero from Pexels Benarkah Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam? Menurut tradisi Yahudi , Adam dikecam sebelum dia dipertemukan dengan Hawa. Dalam buku abad pertengahan yang berjudul The Alphabet of Ben-Sira, disebutkan bahwa istri pertama Adam adalah Lilith yang marah dan kemudian bersekutu dengan setan sehingga Tuhan mengecamnya dan menciptakan Hawa dari tulang rusuk Adam. Konsep inilah yang kemudian mengonstruksi anggapan bahwa Hawa (perempuan)

Mitos Kecantikan dan Budaya Patriarki dalam Lagu “Aisyah Istri Rasulullah”

© Janko Ferlic from Pexels Sore ini, untuk ke sekian kalinya, telinga saya digandrungi oleh lagu islami berjudul “Aisyah Istri Rasulullah”. Sekilas, nadanya cukup mudah diingat dan terdengar romantis sehingga saya berniat untuk ikut meng- cover lagu tersebut. Seperti biasa, saya akan terlebih dahulu menghafal liriknya sebelum bernyanyi. Sayang seribu sayang, niat saya untuk berpartisipasi memviralkan lagu tersebut terhenti saat menemukan liriknya yang berbunyi kulit putih bersih merahnya pipimu. Kenapa? Dalam buku berjudul The Beauty Myth: How Images of Beauty Are Used Against Women , disebutkan bahwa penyebutan kulit putih merupakan salah satu mitos kecantikan yang diproduksi kapitalisme dalam industri kecantikan untuk mengontrol otoritas perempuan atas tubuhnya. Dalam konteks ini, budaya patriarki tidak berupaya mendominasi tubuh perempuan secara fisik, tetapi menghegemoninya secara psikis sehingga banyak perempuan yang terjebak pada mitos putih-itu-cantik . Mitos kecant