Skip to main content

Past Life Bukan Omong Kosong, Ini 11 Tanda Kamu Pernah Mengalaminya

Ketika kita memahami reinkarnasi sebagai pendewasaan atau evolusi energi jiwa, sebagian dari kita secara intuitif mengalami hal-hal yang berbeda dalam hidup yang mencerminkan usia energi yang dikenal sebagai jiwa. 
Semakin kita dewasa, semakin kita berbakat dalam bidang kehidupan tertentu, maka semakin sering pula kita mengalami pengalaman kebangkitan spiritual. Berikut ini adalah beberapa tanda kalau kamu pernah bereinkarnasi.
Reinkarnasi
Past Life © Mike via Pexels
#1: Mimpi berulang
Mimpi adalah cerminan dari pikiran alam bawah sadar, sedangkan mimpi berulang-ulang kadang-kadang menandakan trauma, ketakutan, atau masalah yang sedang diproses oleh otak sebagai “urusan yang belum selesai”. 
Mimpi berulang berpotensi menjadi refleksi dari pengalaman kehidupan masa lalu. Banyak orang mengklaim telah mengalami peristiwa tertentu, melihat orang tertentu, atau sering pergi ke tempat-tempat tertentu dalam mimpi mereka yang terasa sangat familiar. 
Misalnya, saya sering kali bermimpi tentang hidup di sebuah vihara dekat pegunungan yang ketika mimpi itu datang lagi, saya tahu betul di mana vihara itu berada dan bagaimana saya harus menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk bisa sampai ke sana. Lantas, dalam kehidupan nyata, saya kemudian menemukan keberadaan vihara yang sangat mirip dengan vihara di dalam mimpi tersebut.
#2: Kenangan-kenangan aneh
Sejak kecil, saya sering jalan-jalan sendirian ke rumah bibi yang terletak di daerah Lembang, Bandung. Di sebuah lokasi, khususnya vihara Vipassana Graha, saya sering kali terasa mengingat memori tertentu yang membuat saya sedih. Di situ pula saya sering kali merasa sedang “berangkat” menuju surga. Sepuluh tahun kemudian, saya berada di tempat itu dan menemukan kejadian-kejadian tak terduga yang menyedihkan. Ya, anak saya meninggal di sana.
Ingatan atau kenangan-kenangan aneh ini biasa terjadi karena adanya fantasi sederhana, kesalahpahaman atau ketidaksesuaian dalam kemampuan mengingat, dan sebagai bukti adanya koneksi diri terhadap kehidupan di masa lalu.
#3: Intuisi yang kuat
Intuisi adalah kemampuan untuk menyeimbangkan pikiran sadar dan bawah sadar, serta memasuki sumber mata air kebijaksanaan dan pengetahuan bawaan yang lebih dalam. Semakin matang jiwa manusia, maka semakin kuat juga intuisinya terhadap berbagai energi di sekitarnya.
#4: Déjà vu
Kita semua pasti pernah mengalami déjà vu dalam hidup. Perasaan aneh bahwa entah bagaimana kita telah mengalami atau hidup sesaat sebelumnya ini biasanya muncul secara spontan dengan dipicu oleh bau, suara, pemandangan, rasa, dan berbagai sensasi lainnya. Sementara beberapa orang mengklaim bahwa déjà vu adalah disonansi neurologis, yang lain mengklaim bahwa déjà vu mencerminkan kemungkinan dimensi lain, dan sebagian lagi percaya bahwa hal itu mengungkapkan pengalaman hidup masa lalu.
#5: Kamu adalah seorang empath
Seorang empath tidak hanya bisa menyerap emosi dan perasaan fisik di sekitarnya, tapi juga energi sebuah bangunan. Beberapa pihak menganggap kemampuan menyerap energi ini merupakan bentuk psikologis penghindaran untuk memotong masalah sendiri dan menyalahkan orang lain. Tapi, hal ini juga sering kali dilihat sebagai tanda jiwa yang telah mengalami banyak reinkarnasi sebelumnya dan telah disempurnakan hingga melampaui transendensi diri individu.
#6: Prekognisi
Prekognisi adalah kemampuan untuk memperoleh informasi tentang peristiwa yang akan terjadi di masa depan. Hal ini bisa dialami melalui penglihatan, sensasi fisik, perasaan, atau dalam bentuk mimpi. Meskipun dianggap semi-ilmiah oleh sebagian orang, sebagian orang percaya dan benar-benar merasakan prekognisi sebagai pengalaman yang sangat nyata dan bisa menunjukkan pematangan energi yang penuh perasaan.
#7: Retrokognisi
Retrokognisi adalah kemampuan untuk memperoleh informasi tentang peristiwa di masa lalu. Peristiwa ini bisa dialami oleh orang itu sendiri maupun kejadian di masa lampau. Meski tidak mudah untuk dibuktikan atau diverifikasi, orang yang benar-benar mengalaminya biasanya bisa menceritakan suatu kejadian di masa lalu secara detail. Sebagai contoh, saya pernah menginap di rumah teman saya dan bermimpi tentang masa lalu orang-orang yang dulu tinggal di rumah tersebut. 
Dalam mimpi itu, saya melihat ada orang Belanda yang berbicara pada saya dalam bahasa Belanda sambil menunjukkan tongkat emas di belakang rumah tersebut. Saat bangun, saya bertanya pada si empunya rumah, “Apa di halaman belakang ada tongkat emas?”
Voila! Eyang temanku langsung menunjukkan tongkat emas warisan keluarga mereka yang disimpan di belakang rumah mereka.
#8: Merasa punya old soul
Kalau sebagian orang berbicara soal “Saya adalah orang yang berjiwa muda”, maka orang-orang yang bereinkarnasi merasa bahwa dirinya memiliki jiwa yang tua (old soul). Pengalaman merasa lebih tua dari usia sebenarnya ini dikaitkan dengan reinkarnasi berkali-kali. Saya sendiri sering kali mengoceh bahwa umur saya lebih dari seribu tahun. Mau tertawa? Silakan.
Salah satu tanda bahwa kamu memiliki old soul adalah ketika kamu memiliki beberapa kepribadian berbeda dalam beberapa kesempatan. Kadang terlihat sangat primitif, kadang seperti anak-anak, dan yang lainnya. Hmm, mungkin itulah sebabnya saya pernah merasa dan diprediksi mengalami kepribadian terpecah (dissociative disorder).
#9: Punya ketertarikan yang besar terhadap budaya dan sejarah
Ketertarikan yang besar terhadap budaya, sejarah, atau periode waktu tertentu merupakan "residu" kehidupan masa lalu yang mengingatkan kita pada tempat, budaya, atau lingkungan tertentu yang mungkin dialami jiwa kita di kehidupan sebelumnya. Misalnya, kamu mungkin punya perasaan familiar saat melihat atau membayangkan budaya Asia, Indian (Native American), Yunani, atau abad ke-19.
Saya sendiri adalah orang yang sangat familiar dengan kebudayaan Cina, Belanda, Indian, dan Spanyol. Bahkan, ada beberapa momen ketika saya merasa sangat sedih, pilu, atau marah ketika melihat kejadian-kejadian tertentu di dalam film dengan tema-tema kebudayaan tersebut.
#10: Mengalami fobia yang tidak bisa dijelaskan
“Residu” masa lalu bisa muncul dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah fobia. Saya mengalami fobia darah sejak kecil dan pada suatu masa (ketika mengalami kebangkitan spiritual), saya baru sadar kalau ketakutan saya ini berkaitan dengan past life saya sebagai panglima perang.
#11: Bumi bukan rumahmu
Sebagian orang menemukan jiwa abadinya dengan cara berkelana, sebagian lagi dengan meditasi, dan sebagian lagi dengan berpindah-pindah tempat tinggal. Itu semua dilakukan karena manusia yang pernah mengalami reinkarnasi memiliki kerinduan akan “rumah” yang sebenarnya, yaitu Semesta (kesatuan, kesadaran, atau keilahian). Perasaan ini juga sering kali dibarengi dengan rasa lelah dan kewaspadaan tinggi untuk menjalankan hidup di muka bumi.
Apakah kamu mengalami tanda-tanda ini?

Comments

  1. Phobia yang tidak bisa dijelaskan ini dia , gua entah kenapa ga suka banget binatang kan aneh belum juga kena gigit atau lain nya , kalau soal budaya lebih familiar sama jepang , jawa sejak masih kecil wkkwkw konyol , mimpi berulang, gua kan jomblo masa mimpi udah punya istri dan anak kan aneh , lalu entah kenapa punya dendam gitu sama amerika wkkw , maka nya saya Muslim tapi Jiwa saya awalnya menolak lama kelamaan sadar juga , kalau Tuhan YME itu satu, sekarang tapi sudah ikhlas apapun past life itu , karena ini hidup zaman sekarang , harus move on.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih sudah berbagi cerita dan pengalaman dengan #PerempuanSufi.

      Ada banyak kemungkinan yang terjadi di past life. Tapi, yang terpenting adalah menjalani saat ini dengan baik dan jadikan pengalaman past life sebagai pelajaran berharga supaya kita bisa lebih baik di masa sekarang.

      Semangat 🙌🏻

      Delete
  2. sejak bulan september saya bermimpi diera penjajahan di mimpi itu saya melihat seseorang yg mirip saya namun bentuk tubuh berbeda, lalu mimpi itu berlanjut masih di era penjajahan dan ketika saya bertanya ini ditahun berapa ada seseorang yg menjawab ditahun 1914, mimpi itu berlanjut lagi saya masih melihat "perempuan jawa yg mirip dengan saya" namun perawakanya berbeda dan dimimpi yg ketiga ini saya melihat seperti ada dipelataran keraton dan sedang ada pertunjukan wayang lalu ada seseorang yg berkata "koe kui titisan nyi xxx" ketika saya bangun saya berusaha mengingat nama itu tp lupa, lalu mimpi itu berlanjut lg ke mimpi kelima dan keenam. apakah ini tanda-tanda saya punya past life? dan mengapa baru dibukakan pada taun disaat saya mengalami kebangkitan spiritual ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih sudah berbagi pengalaman. Past life kita dibukakan saat kita tengah mengalami kebangkitan spiritual karena pada saat itulah kita menyadari ada "kehidupan" lain yang menyimpan pesan-pesan spiritual untuk keberlangsungan hidup kita. Dan saat itu pula kita bisa menerima pesan tersebut dalam kondisi "sadar". Semoga selalu diberikan pencerahan dan kedamaian 🌻

      Delete
  3. aku mau berbagi cerita juga. aku punya phobia yang sama sekali blm pernah kucoba dan blm pernah terjadi seumur aku hidup yaitu naik kapal dan juga thalasophobia. aku ngerasa umurku 200-250tahun an, umurku yang skrg 18 tahun. dari lama aku ngoleksi paper wall decor abad 20 & lukisan abad 19 yg aku cetak sendiri.. rasanya gak asing sama barang2 ini (antik), aku suka bgt sejarah, astronomi & lagu medieval - abad 20. tiap aku denger lagu2 itu pun hawanya sedih campur rasa nyaman & tenang. kenapa ya? apa emg rindu ? aku ga ngerasa itu aneh, temen2 ku jg bilang aku old soul. apapun past lifeku.. ada atau engga. semoga versiku yang sekarang lebih baik 🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Eeel. Terima kasih sudah berbagi cerita dan pengalaman dengan #PerempuanSufi. Betul sekali, apa pun yang pernah kita alami di past life merupakan pelajaran penting yang seyogianya bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik di masa kini dan masa depan. Stay positive ya 🌻

      Delete
  4. Hanya ingin berbagi cerita, saya memiliki phobia ketakutan akan tempat sempit, seolah olah bangunan di sekeliling saya akan menyempit dan membunuh saya.
    Saya berkali kali mimpi jika saya dalam masa pengejaran, yang saya ingat saya memakai baju gaun panjang era victorian dengan seorang pria yang selalu menjaga saya, dan perasaan yang saya ingat, saya mencintai dia.
    Hingga saat ini saya masih bertanya tanya tentang keberadaan "dia/mereka" Yang bahkan tidak saya kenal. Di kehidupan ini, saya seperti memiliki misi. Untuk menemukan sesuatu, atau seseorang. Semoga di kehidupan ini saya bisa lebih baik dari kehidupan masa lampau saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih sudah berbagi cerita dan pengalaman dengan #PerempuanSufi. Semoga apa pun dan bagaimanapun past life kita, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik di masa kini dan masa depan. Stay positive ya 🌻

      Delete
  5. Bagaimana cara mngetahui khidupan masa lalu qt?? Sy pnasaran bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, nggak semua orang bisa mengetahui past life-nya seperti apa. Bahkan, orang dengan kemampuan intuisi yang kuat sekalipun sering kali kesulitan untuk menentukan jati dirinya di masa lalu. Rata-rata orang bisa mengetahui past life setelah melalui perjalanan spiritual yang panjang. Jadi, yang terpenting sekarang adalah kita senantiasa melakukan yang terbaik dan selalu menebar kebaikan ya 🌻

      Delete
  6. mau cerita juga, aku dari umur 2 tahun punya ketertarikan sama dewa dewi Yunani (umur segitu bener2 udah paham, dan aga kaget karena baru tau umur segitu kebanyakan orang belom terlalu bisa ngapa2in)
    walau tanpa belajar atau baca, tau aja pokoknya nama dewa2nya, paling sensi sama Zeus, bener2 sensi tanpa sebab. terus pas SMP coba telusurin lewat internet, karena pengen ngeyakinin bener ga sih ini dewa2 pernah ada. dan beneran ada :>.
    ada beberapa cerita tentang dewi Athena, entah mengapa suka banget ama dia, pas ada cerita miring soal perlakuannya sama Medusa soal insiden dia dengan Poseidon, orang2 ngatain Athena dengan berbagai kata yang ga ngenakin.
    Aku marah dan ngejelasin semuanya, pas uda selesai ngejelasin kaya bingung "lho kenapa marah? kenapa aku kesannya kaya tau semua kejadiannya?"

    punya phobia juga dengan benda2 tajem dan laut.
    padahal ga punya kenangan buruk tentang ini sampai dengan sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih sudah berbagi pengalaman dengan #PerempuanSufi. Betul, kalau dilihat dari ceritanya, rasanya nggak mungkin ya anak seumuran itu bisa mengetahui banyak hal secara detail. Inilah yang menjadi salah satu petanda past-life. Tapi, yang pasti dari semua itu adalah bagaimana kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik di masa sekarang. Semangat berbagi kebaikan terus, ya 🌻

      Delete
  7. Dari kecil aku phobia air, takut liat sungai, laut, danau seperti ada sesuatu di dalamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih sudah berbagi pengalaman dengan #PerempuanSufi. Banyak memang hal-hal di luar nalar yang terjadi ketika kita "masuk" ke dalam trauma past-life, salah satunya ya fobia terhadap sesuatu.

      Terlepas dari apa pun past-life kita, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik di masa sekarang. Semangat berbagi kebaikan terus, ya 🌻

      Delete
  8. Hi. Aku juga puny cerita. Diumur 8 tahun-15 tahun aku sering mimpi ttg sebuah rumah dgn gaya kolonial, dimana saat itu aku berdiri dipekarangan rumah itu. Rumah bahkan belum pernah aku temui dikehidupan nyata. Mimpi itu selalu berulang. Hingga diusia 18 tahun, aku memimpikan mimpi yg sama yaitu mimpi berdiri dipekarangan rumah dgn gaya kolonial. Waktu aku merantau ke provinsi lain, utk melanjutkan studi.
    Beberapa bulan kemudian, aku jalan2 disekitar kota tempat aku merantau dan aku menemukan rumah dgn gaya kolonial yg selama ini aku mimpikan dimimpiku. Smp skrg aku masih ingt dgn apa yg aku lakukan dimimpi. Seperti tidak asing dan familiar sekali.
    Di umur 8 tahun aku lebih suka bergaul dgn lansia yg berumur 60 tahun, aku tdk tertarik dgn anak sebaya. Jika ada kegiatan lansia, aku selalu mengikutinya.
    Aku selalu tertarik dgn sejarah, kehidupan & budaya di abad 20 - 50.
    Aku sering mengalami deja vu, deja visite dan jg punya phobia aneh, spt phobia dgn kupu2 & bawang putih. Seakan-akan aku tau apa yg terjadi setelahnya.
    Dimimpi ku, aku melihat diriku sendiri sbg seorang penyihir diabad 20, seorang noni diera penjajahan Belanda dan seorang gadis dayak. Setiap mimpi ku terasa nyata.
    Ditahun 2015, aku bertemu seorang pria yg dimana aku merasa seperti sudah mengenalnya sangat lama. Tanpa aku berbicara panjang lebar, dia tau apa yg aku alami secara detail. Sekrang dia sdh menjadi suamiku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Yeri. Terima kasih sudah berbagi pengalaman dengan #PerempuanSufi. Perjalanan yang kamu alami tentu tidak mudah untuk dipahami. Tapi, pertemuanmu dengan suami sepertinya menjadi tonggak awal untuk lebih memahami hakikat diri dan kehidupan, ya. Semoga berkat selalu berlimpah dan senantiasa bisa berbagi kebaikan dengan yang lain 🌻

      Delete
  9. Aku mau berbagi pengalaman juga, Mbak. Aku sering mimpi ke tempat2 yg belum pernah dikunjungin tp ngerasa familiar tiba2 pas pergi-pergi keluar rumah ada tempatnya sama kaya di mimpi.
    Next, Gatau kenapa merinding setiap ngeliat orang sikat gigi, apalagi sampe diliatin busa odolnya.
    Saya lebih tertarik sama bangunan tua gitu, sama seni intuisi kaya tarot reading and palmistry.
    Saya sering ngalamin deja vu, dan saya cenderung berubah-ubah wataknya, kdg dewasa, childish.
    Pernah juga melihat kucing yg saya suka mungkin sepertinya kucing itu jg ada di past life saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih sudah berbagi cerita dengan #PerempuanSufi. Beberapa kejadian yang kamu alami memang sangat mungkin merupakan tanda bahwa kamu pernah mengalami past-life dan termanifestasi di kehidupanmu saat ini. Semoga, semua peristiwa ini bisa bikin kamu makin mengenali diri dan kekuatan Ilahi. Salam hangat 🌻

      Delete

Post a Comment

Bacaan Populer

Spiritual Awakening, Apakah Kamu Sedang Mengalaminya?

Bagi sebagian orang, istilah spiritual awakening mungkin terdengar asing. Tapi, bisa jadi mereka semua pernah atau bahkan sedang mengalaminya. Beberapa orang menyebutnya dengan istilah “pencerahan” atau “kebangkitan spiritual”, sebagian lagi menyebutnya “kesadaran spiritual”. Dalam tulisan ini, saya akan menyebutnya sebagai kesadaran spiritual karena bagi saya, setiap orang sudah mengalami perjalanan spiritual sejak lahir. Namun, tidak semua orang menyadarinya.  Sebagian orang mungkin akan merasakan kedamaian tersendiri saat mengalaminya, tapi ada juga sebagian orang yang justru merasakan hal-hal lain di luar kendali, seperti merasa ada yang berbeda dengan dirinya sendiri, kemelut pikiran dan hati, sampai merasakan adanya gangguan mental yang sering kali dianggap sebagai penyakit. Untuk lebih memahaminya, mari kita perjelas dulu batasan kesadaran spiritual ini! Spiritual Awakening © Retha Ferguson via Pexels Apa itu kesadaran spiritual? Ketika seseorang melalui kesadaran s

Apakah Kamu Seorang Empath?

Pernah merasa cemas, sedih, atau marah tanpa sebab yang pasti? Atau bahkan merasakan gejala fisik yang kuat tanpa alasan logis? Mungkin, kamu adalah seorang empath. Sebelum mengenal diri saya sebagai empath, saya selalu merasa ada yang salah dengan diri saya. Terlebih, saya juga pernah disinyalir menderita kepribadian ganda di usia muda. Namun, pada saat itu, saya berpikir bahwa itu hanya sebagian kisah dari pencarian jati diri. Setelah berkelana sampai ke palung diri yang paling dalam dan bertemu sesama empath, saya pun sadar bahwa kami punya gift yang cukup unik dan mungkin tidak dimiliki oleh kebanyakan orang. Sebelum mengenal diksi empath, saya lebih sering menyebut diri saya sebagai “energian”, yaitu orang yang punya sensitivitas tinggi terhadap energi. © Pixabay via Pexels Empath dan HSP Empath adalah orang yang sangat peka terhadap emosi orang-orang di sekitarnya sehingga merasakan emosi tersebut di dalam dirinya. Seorang empath cenderung melihat dunia secara berb

Bukan Cuma Indigo yang Punya Sixth Sense

Beberapa kali saya tidak sengaja meramal kedatangan bencana atau kematian dan sering kali pula saya mengajukan pernyataan yang tepat saat pertama kali bertemu dengan orang-orang baru. Respon mereka rata-rata sama. Sama-sama bertanya, “Kamu indigo?” Padahal, tidak semua orang yang memiliki sixth sense atau indera keenam termasuk ke dalam kategori indigo. Ada juga beberapa jenis karakteristik jiwa yang dianugerahi kelebihan serupa. Nah, kalau kamu juga merasa atau sering disebut indigo, coba kenali karakteristikmu yang sesungguhnya. Apakah memang benar-benar indigo atau bukan.  © Pexels #1: Indigo Istilah anak indigo muncul pada era 1960-an dan 1970-an, periode revolusioner ketika terjadi perubahan dalam kesadaran dunia. Orang-orang indigo adalah orang yang tenang dan cinta damai. Mereka tidak menggunakan kekerasan untuk menaklukkan energi negatif, melainkan cahaya yang kemudian kita sebut aura. Mereka sangat sensitif baik secara emosional maupun lingkungan, serta dilahirk

Dalam Penciptaan Hawa, Tuhan Tak Patriarkis

Baru-baru ini, teman baik saya mengirimkan thread Twitter soal Hawa yang mendorong saya untuk kemudian mengenal perempuan pertama di muka bumi ini secara lebih dekat.  Sebagian dari kita mungkin sudah mendengar kisah bagaimana Adam diciptakan dan diperkenalkan kepada makhluk Tuhan lainnya semasa di surga. Bahkan, beberapa literatur menyebutkan bahwa Adam hidup sampai 930 tahun. Lalu, bagaimana dengan Hawa? Bagaimana ia diciptakan, diturunkan ke bumi, sampai akhirnya melahirkan manusia-manusia lainnya di muka bumi ini? © Luis Quintero from Pexels Benarkah Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam? Menurut tradisi Yahudi , Adam dikecam sebelum dia dipertemukan dengan Hawa. Dalam buku abad pertengahan yang berjudul The Alphabet of Ben-Sira, disebutkan bahwa istri pertama Adam adalah Lilith yang marah dan kemudian bersekutu dengan setan sehingga Tuhan mengecamnya dan menciptakan Hawa dari tulang rusuk Adam. Konsep inilah yang kemudian mengonstruksi anggapan bahwa Hawa (perempuan)

Kenapa Chat yang Tidak Dibalas Bikin Baper?

Saya bukan tipe orang yang gampang baper kalau lihat pasangan chat dengan mantan kekasihnya karena bagi saya, romantisme tidak berakhir hanya karena percakapan dua insan yang pernah merajut kasih saling bersilaturahmi. Itu saya, mungkin lain lagi dengan kamu. Tapi, ada satu hal yang bisa membikin saya baper dan berujung pada kemarahan, kekecewaan, atau kekhawatiran : kalau chat saya cuma di- read atau pembicaraan tidak ditutup dengan baik . Ada yang punya pengalaman serupa? Pasti banyak, dong! © Pixabay.com Bagi sebagian orang, pernyataan yang tidak dibalas dalam sebuah percakapan teks (SMS atau DM atau apa pun) mungkin hal biasa yang tidak usah dibesar-besarkan untuk jadi masalah serius. Tapi, bagi saya, ini serius. Menyangkut harga diri, etika, perasaan, dan banyak lagi. Pernah suatu hari, saya meminta tolong pada teman saya melalui chat yang cuma di- read. Bagaimana perasaan saya? Marah, karena dia tidak membalas chat saya. Berpikiran negatif, merasa kalau dia tidak mau m