Skip to main content

Bulan Purnama, Saatnya Berubah!

Dalam film horor atau legenda, bulan purnama erat kaitannya dengan lolongan serigala atau manusia serigala. Menurut mitos Eropa Kuno tersebut, manusia serigala akan berubah dan mencapai puncak kekuatan mistiknya saat bulan purnama tiba. Dalam beberapa cerita, manusia serigala juga dikisahkan akan kehilangan kekuatannya di saat yang sama. Misalnya, Inuyasha yang akan kehilangan kekuatannya saat bulan purnama tiba.

Baik cerita rakyat, legenda, maupun mitos terkait serigala atau bulan purnama tentu tidak hadir begitu saja. Ketiganya merupakan sastra lisan yang bersifat mimesis alias meniru kehidupan nyata. Jadi, bukan tidak mungkin jika manusia atau hewan dan makhluk hidup lainnya merasakan perubahan fisik maupun emosi saat bulan purnama.

Bulan purnama dan zodiak

Bulan Purnama © Peter de Vink from Pexels

Bulan purnama dan manusia

Beberapa tahun lalu, saya menyadari bahwa tubuh dan emosi saya berubah seketika saat menjelang purnama. Awalnya, saya mengira kalau saya terlalu imajinatif karena merasakan “serangan-akan-berubah-menjadi-serigala” tiap kali menghadapi bulan purnama.

Baik tubuh maupun emosi saya tiba-tiba meledak tiap kali purnama datang. “Jangan-jangan, saya memang manusia serigala,” begitu kelakar saya kepada diri sendiri tiap kali menghadapi serangan tersebut.

Anggapan itu terus berlanjut menjadi lelucon-tiap-kali-purnama sampai akhirnya saya tahu bahwa ada hubungan ilmiah antara bulan purnama dengan fisik dan emosi manusia. 

Baca juga: Empath dan Fenomena Supermoon

Penelitian yang dilakukan pada mahasiswa laki-laki di tahun 2013 menemukan bahwa ada hubungan antara bulan purnama dengan sistem kardiovaskular. Saat purnama, tekanan darah pada tubuh manusia akan turun sekitar 5 mm Hg.

Sejalan dengan itu, studi yang dilakukan pada 205 orang di tahun 2015 menemukan bahwa bulan purnama dapat memengaruhi pola tidur manusia. Saat purnama tiba, waktu tidur dengan fase rapid eye movement (REM) pada perempuan cenderung lebih sedikit daripada laki-laki. Jadi, jangan heran kalau perempuan akan lebih banyak begadang dibandingkan laki-laki yang justru lebih mudah tertidur saat purnama tiba.

Penelitian lain yang dilakukan pada 2016 di 12 negara menemukan bahwa waktu tidur anak-anak cenderung berkurang satu persen selama fase bulan purnama. Namun, tidak ditemukan adanya hubungan antara perubahan waktu tidur dengan perubahan perilaku signifikan pada periode tersebut.

Saat bulan semakin dekat dengan bumi, tarikan gravitasinya akan berubah sehingga air di bumi akan meresponnya dengan pasang yang lebih tinggi. Perubahan inilah yang diperkirakan memengaruhi reaksi cairan dalam tubuh manusia.

Bukan cuma berpengaruh terhadap cairan tubuh dan sistem kardiovaskuler, penelitian di Belanda juga menemukan bahwa tarikan gravitasi saat bulan purnama juga berpengaruh terhadap kinerja otak manusia. Inilah sebabnya, emosi manusia cenderung mengalami perubahan saat bulan purnama.

Keluhan lain yang mungkin dirasakan saat bulan purnama adalah sakit kepala dan migrain yang disebabkan oleh gangguan tidur dan perubahan hormon dalam tubuh manusia.

Bulan purnama, astrologi, dan perjalanan spiritual

Purnama tahun ini jatuh pada 29 Januari 2021, pukul 2:18 WIB dan disebut sebagai wolf moon atau bulan serigala karena serigala lebih sering terdengar melolong pada fase ini.

Secara tradisional, masyarakat primordial meyakini bahwa serigala melolong karena kelaparan selama musim dingin. Lolongan ini biasanya digunakan untuk menentukan wilayah, memanggil kawanan serigala, dan mengoordinasikan perburuan. Lebih dari itu, bulan purnama juga merupakan representasi kehidupan yang sering kali diejawantahkan dalam banyak hal oleh manusia. Salah satunya lewat astrologi yang kita kenal zodiak.

Bagi sebagian orang, mungkin zodiak adalah mitos. Tapi, saya percaya bahwa setiap ilmu memiliki dasarnya masing-masing. Bahkan, dalam agama Islam, Al Quran secara eksplisit menghadirkan surat Al Qamar yang berarti ‘bulan’. Surat ini berisi tentang kejadian terbelahnya bulan sebagai mukjizat bagi Nabi Muhammad untuk membuktikan kenabiannya terhadap orang-orang kafir.

Meski sebagian orang menafsirkannya secara harfiah sebagai bulan yang benar-benar terbelah, sebagian lainnya berpendapat bahwa ayat tersebut hanyalah analogi yang digunakan untuk menggambarkan secara jelas (terang seperti bulan) bagaimana Nabi Muhammad mendapatkan wahyu dari Allah.

Oke, kembali ke bulan purnama. Saya meyakini bahwa bulan purnama bukan cuma sekadar fenomena alam, melainkan juga salah satu media yang Tuhan berikan kepada manusia agar lebih dekat dengan alam semesta dan dirinya sendiri sebagai mikrokosmos. Jadi, astrologi bagi saya pun bukan sekadar ramalah perbintangan, melainkan juga sebuah cara untuk lebih dekat dengan diri sendiri dan semesta.

Menurut astrologi, purnama kali ini akan membawa manusia ke dalam ruang ekspresi dan sisi kreativitas. Kesempatan ini dapat dipergunakan untuk membuat kita lebih berani berekspresi dan menggali passion di dalam diri. Bagaimana dampak purnama Januari 2021 terhadap zodiak?

Aries

Purnama kali ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi kehidupanmu. Meski begitu, ini adalah saat yang tepat untuk berani jujur dan memberi tahu orang yang kamu sayangi bagaimana perasaanmu kepadanya. Energi bulan purnama yang menyenangkan dan dramatis kali ini menawarkan banyak kesempatan untuk membuat kehidupanmu jauh lebih romantis.

Taurus

Kamu mungkin akan menghadapi kulminasi ketegangan emosi terkait urusan rumah (keluarga atau rumah tangga) dan pekerjaanmu. Tapi, jika kamu menggunakan energi bulan purnama ini dengan sebaik-baiknya, maka kamu akan bisa menjadikannya sebagai momen penyembuhan mental. Saatnya ungkapkan apa yang ingin kamu katakan pada orang-orang sekitarmu!

Gemini

Bulan purnama kali ini akan membuatmu semakin menonjol, kreatif, dan berani mengekspresikan diri. Jadi, gunakan ide-ide kreatifmu untuk memberikan dampak positif bagi orang-orang di sekitarmu dan luangkan sedikit waktumu untuk keluar dari kesibukan agar bisa menikmati momen-momen menyenangkan bersama mereka.

Cancer

Kata kunci yang bisa kamu optimalkan pada purnama kali ini adalah keuangan. Inilah saat yang tepat untuk membuat beberapa langkah berani dalam hal keuangan. Mulai dari melakukan promosi bisnis, berinvestasi, atau membelanjakan sesuatu yang kamu inginkan dengan uang hasil jerih payahmu.

Leo

Saatnya menarik perhatian orang-orang dengan kemampuanmu! Meskipun dalam beberapa proses kamu akan menemukan sedikit drama, gunakan momen ini untuk melakukan kebaikan dan memperlihatkan kepada dunia bagaimana kamu mampu melakukan sesuatu yang berguna.

Virgo

Bulan purnama kali ini menjadi waktu yang sangat melelahkan untukmu. Inilah tanda kalau kamu butuh istirahat. Meski terbiasa memiliki banyak kesibukan, cobalah untuk rehat sejenak karena sebenarnya, tubuh dan mentalmu sedang membutuhkan waktu istirahat.

Libra

Purnama kali ini menjadi momen yang tepat bagi kamu untuk menikmati kesenangan di tengah banyaknya drama dalam hidupmu. Meski pekerjaan atau beberapa orang membuatmu emosi, kamu punya kesempatan untuk membangun koneksi baru sehingga emosi negatif bisa tergantikan dengan emosi baru yang lebih positif.

Scorpio

Kehidupan profesional kamu sedang di atas awan. Setiap orang bisa melihat bagaimana kamu bekerja keras meraih sesuatu dan seberapa besar kemampuan yang kamu miliki. Tapi, jangan sampai pencapaian ini membuatmu jadi sombong. Pastikan kamu tetap bekerja keras dan menghasilkan sesuatu yang baik tanpa perlu merasa jadi yang terbaik.

Sagittarius

Purnama kali ini akan membuatmu lebih berani dan bersemangat. Jadi, gunakan momen ini untuk melakukan perjalanan hebat yang kamu inginkan. Keinginan yang kuat untuk hidup dan memiliki pengetahuan akan membawamu pada petualangan baru yang menjadikan hidupmu lebih bermakna.

Capricorn

Purnama kali ini akan memperkaya kekayaan batinmu dan menginspirasimu untuk menemukan kebenaran. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk melakukan meditasi pembersihan spritual dan menjadikan dirimu lebih bahagia daripada sebelumnya.

Aquarius

Kehidupan cintamu akan menjadi poin utama yang bisa kamu kembangkan di bulan purnama kali ini. Momen yang tepat untuk berkomitmen dalam hubungan dan menyatakan perasaanmu secara jujur kepada orang yang kamu sayangi sehingga hubungan kalian lebih baik lagi.

Pisces

Jika sebelumnya kamu sedang bingung dengan apa yang akan dan perlu kamu lakukan, bulan purnama kali ini akan memperjelas apa yang kamu butuhkan dalam hidupmu. Jadi, lakukan afirmasi positif pada dirimu untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam menjalani kehidupan. Misalnya, melakukan rutinitas olahraga untuk membuat tubuh lebih sehat atau mempelajari hal-hal baru yang sebelumnya tidak kamu ketahui.

Sudah siap berubah di bulan purnama ini?

Comments

Bacaan Populer

Spiritual Awakening, Apakah Kamu Sedang Mengalaminya?

Bagi sebagian orang, istilah spiritual awakening mungkin terdengar asing. Tapi, bisa jadi mereka semua pernah atau bahkan sedang mengalaminya. Beberapa orang menyebutnya dengan istilah “pencerahan” atau “kebangkitan spiritual”, sebagian lagi menyebutnya “kesadaran spiritual”. Dalam tulisan ini, saya akan menyebutnya sebagai kesadaran spiritual karena bagi saya, setiap orang sudah mengalami perjalanan spiritual sejak lahir. Namun, tidak semua orang menyadarinya.  Sebagian orang mungkin akan merasakan kedamaian tersendiri saat mengalaminya, tapi ada juga sebagian orang yang justru merasakan hal-hal lain di luar kendali, seperti merasa ada yang berbeda dengan dirinya sendiri, kemelut pikiran dan hati, sampai merasakan adanya gangguan mental yang sering kali dianggap sebagai penyakit. Untuk lebih memahaminya, mari kita perjelas dulu batasan kesadaran spiritual ini! Spiritual Awakening © Retha Ferguson via Pexels Apa itu kesadaran spiritual? Ketika seseorang melalui kesadaran s

Apakah Kamu Seorang Empath?

Pernah merasa cemas, sedih, atau marah tanpa sebab yang pasti? Atau bahkan merasakan gejala fisik yang kuat tanpa alasan logis? Mungkin, kamu adalah seorang empath. Sebelum mengenal diri saya sebagai empath, saya selalu merasa ada yang salah dengan diri saya. Terlebih, saya juga pernah disinyalir menderita kepribadian ganda di usia muda. Namun, pada saat itu, saya berpikir bahwa itu hanya sebagian kisah dari pencarian jati diri. Setelah berkelana sampai ke palung diri yang paling dalam dan bertemu sesama empath, saya pun sadar bahwa kami punya gift yang cukup unik dan mungkin tidak dimiliki oleh kebanyakan orang. Sebelum mengenal diksi empath, saya lebih sering menyebut diri saya sebagai “energian”, yaitu orang yang punya sensitivitas tinggi terhadap energi. © Pixabay via Pexels Empath dan HSP Empath adalah orang yang sangat peka terhadap emosi orang-orang di sekitarnya sehingga merasakan emosi tersebut di dalam dirinya. Seorang empath cenderung melihat dunia secara berb

Bukan Cuma Indigo yang Punya Sixth Sense

Beberapa kali saya tidak sengaja meramal kedatangan bencana atau kematian dan sering kali pula saya mengajukan pernyataan yang tepat saat pertama kali bertemu dengan orang-orang baru. Respon mereka rata-rata sama. Sama-sama bertanya, “Kamu indigo?” Padahal, tidak semua orang yang memiliki sixth sense atau indera keenam termasuk ke dalam kategori indigo. Ada juga beberapa jenis karakteristik jiwa yang dianugerahi kelebihan serupa. Nah, kalau kamu juga merasa atau sering disebut indigo, coba kenali karakteristikmu yang sesungguhnya. Apakah memang benar-benar indigo atau bukan.  © Pexels #1: Indigo Istilah anak indigo muncul pada era 1960-an dan 1970-an, periode revolusioner ketika terjadi perubahan dalam kesadaran dunia. Orang-orang indigo adalah orang yang tenang dan cinta damai. Mereka tidak menggunakan kekerasan untuk menaklukkan energi negatif, melainkan cahaya yang kemudian kita sebut aura. Mereka sangat sensitif baik secara emosional maupun lingkungan, serta dilahirk

Dalam Penciptaan Hawa, Tuhan Tak Patriarkis

Baru-baru ini, teman baik saya mengirimkan thread Twitter soal Hawa yang mendorong saya untuk kemudian mengenal perempuan pertama di muka bumi ini secara lebih dekat.  Sebagian dari kita mungkin sudah mendengar kisah bagaimana Adam diciptakan dan diperkenalkan kepada makhluk Tuhan lainnya semasa di surga. Bahkan, beberapa literatur menyebutkan bahwa Adam hidup sampai 930 tahun. Lalu, bagaimana dengan Hawa? Bagaimana ia diciptakan, diturunkan ke bumi, sampai akhirnya melahirkan manusia-manusia lainnya di muka bumi ini? © Luis Quintero from Pexels Benarkah Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam? Menurut tradisi Yahudi , Adam dikecam sebelum dia dipertemukan dengan Hawa. Dalam buku abad pertengahan yang berjudul The Alphabet of Ben-Sira, disebutkan bahwa istri pertama Adam adalah Lilith yang marah dan kemudian bersekutu dengan setan sehingga Tuhan mengecamnya dan menciptakan Hawa dari tulang rusuk Adam. Konsep inilah yang kemudian mengonstruksi anggapan bahwa Hawa (perempuan)

Kenapa Chat yang Tidak Dibalas Bikin Baper?

Saya bukan tipe orang yang gampang baper kalau lihat pasangan chat dengan mantan kekasihnya karena bagi saya, romantisme tidak berakhir hanya karena percakapan dua insan yang pernah merajut kasih saling bersilaturahmi. Itu saya, mungkin lain lagi dengan kamu. Tapi, ada satu hal yang bisa membikin saya baper dan berujung pada kemarahan, kekecewaan, atau kekhawatiran : kalau chat saya cuma di- read atau pembicaraan tidak ditutup dengan baik . Ada yang punya pengalaman serupa? Pasti banyak, dong! © Pixabay.com Bagi sebagian orang, pernyataan yang tidak dibalas dalam sebuah percakapan teks (SMS atau DM atau apa pun) mungkin hal biasa yang tidak usah dibesar-besarkan untuk jadi masalah serius. Tapi, bagi saya, ini serius. Menyangkut harga diri, etika, perasaan, dan banyak lagi. Pernah suatu hari, saya meminta tolong pada teman saya melalui chat yang cuma di- read. Bagaimana perasaan saya? Marah, karena dia tidak membalas chat saya. Berpikiran negatif, merasa kalau dia tidak mau m